Rabu, 25 September 2013

KEMAL FALEVI

 
pertama denger namanya gua bingung gitu, sapa nih orang. kok sok cool amat di omongin ama cewe-cewe di twitter, sekilas denger nama kemal tuh orangnya gendut gede gitu, haha tapi setelah gua telaah ini memang salah gitu, karena gak semua orang itu yang namanya sama orangnya juga sama (gua nya yang goblok apa emang semua orang udah pada tau gitu) *nyomot dari kemal*. Nah penasaraan dengan siapa tuh kemal, gua coba ubek-ubek lemarinya mbah google, kali aja nemu biodata nya, mau gua santet nih orang. Nah setelah beberapa jam akhirnya nemu, kenapa lama? karena saya mau nyari tugas dulu. Terus gua kesasar di sebuah blog, yang isinya fans nya kemal. Ah siapa lagi nih orang, setelah gue baca ternyata doi adalah tukang cimol naik haji, oohh.. pantess... mau nyaingin bang bubur naik haji nih kemal. Dan ternyata itu bukan kemal palevi, itu kemal tetangga sebelah, oke lanjut.
Setelah ubek2 lemarinya mbah google sampe gua cari dibawah ranjangnya gua baru tau kalo kemal palevi itu adalah finalis stand up comedy kempas tv. Ohh... Cuma gitu doank. Penasaran sih seberapa hebohnya doi bisa ngelawak. Akhirnya gua cari videonya terus donlot atu persatu. Dan setelah gua telaah, ini kok jadi niru-niru si raditya dika dengan nama ‘ABSURD’.
liat acara STAND UP COMEDY season 2 yang ditayangin di kompas tv. saat itu aku lagi mantengin salah satu komik favoritku yang punya nama Kemal Palevi. awalnya, aku nggak seberapa respek ama beliau karena emang  ngggak pernah sempet ngeliat dia standup. tapi karena akhir-akhir ini aku rajin menghambakan diri pada tv cuma untuk ngeliat acara itu, aku jadi nggak ragu buat masukin si -Kemal itu kedaftar komik yang paling lucu . ya, itulah yang namanya writing tresno jalaran soko kulino. rasa suka akan tumbuh kalo kita menjadikan sesuatu itu jadi bagian dan kebiasaan di hidup kita.

dan malem itu dia sukses bikin aku ngakak abis gara-gara tema “galau” yang secara acak dia pilih. dia bilang, kalo sebenernya kita tuh beruntung banget hidup di tahun 2012 dimana fenomena galau lagi nge-trend di kalangan masyarakat khusunya remaja. apalagi ada Twitter yang jadi salah satu wadah bagi galauers mennumpahkan segala keluh kesahnya seakan-akan kegalauannya itu layak dikonsumsi publik. padahal publik pun lama-lama jadi muak ngeliat tweet galau yang setiap menit selalu muncul. dan fenomena ini kayaknya juga merugikan kaum mahasiswa yang jurusannya psikologi. karena pada kenyataanya orang kalo lagi galau, curhatnya malah  ke twitter bukan ke psikolog.  wah, sepertinya aku musti cepet-cepet nyaranin si santi pindah jurusan ke arkeologi biar hobinya mengobservasi orang itu tersalurkan untuk mengobservasi benda-benda kuno. siapa tau dia nemuin fosil manusia purba dengan pose gaya alay, yaitu telunjuk di tempelin ke bibir yang monyong atau gaya kedua telapak tangan ditengadahkan ke dagu kaya’ ceribel.  itu mungkin kayaknya manusia purbanya salah pergaulan.
…………………………………………….
Terus kemal bilang, kalo seumpama fenomena galau udah booming sejak jaman baheula, apalagi sejak jaman ketika para penemu sedang ngerjain penemuannya itu. maka fenomena galau tersebut bakalan jadi halang rintang terbesar bagi mereka.  atau bahkan gara-gara galau, penemuan alat-alat  yang nantinya bakal manjain kita ampe di abad ini nggak bakal ada.
kok bisa?
pertanyaan yang bagus!
coba deh bayangin gimana kalo misalnya Thomas alva edison di tengah percobaan bola lampunya tiba-tiba pacarnya minta putus. dia pastinya galau abis dan nggak mood , malah dia lebih milih nge-tweet daripada nerusin percobaannya.
alu apa jadinya kalo misalanya  kita hidup tanpa berjemur di bawah panas lampu yang menyala dari sang thomas alva edison sodara? nggak ada lampu berarti nggak ada sinar, nggak ada sinar berarti gelap. apa jadinya kalo kita di abad ini hidup dalam kegelapan?  mungkin kejadian malem di RKB C bakalan nge-looping terus kaya’ program  gagal yang aku bikin di mata kuliah algoritma pemrogaman. dan sialnya aku yang jadi peran utamanya. T_T
Dan pastinya, buku karangan Ibu kita Kartini bakalan berubah judul. yang awalnya “HABIS GELAP TERBITLAH TERANG”  jadi  “HABIS GELAP, WOI.. MANA LAMPU PETROMAKS GUE???”
itu pasti gara-gara beliau frustasi karena nggak bisa nulis bukunya pas malem hari.
selain itu, ketiadaan lampu yang harusnya dibuat ama thomas alva edison itu mengakibatkan populasi di penduduk bumi mengalami inflasi.
karena apa?
karena kalo malem yang  disertai kegelapan, para suami istri itu nggak punya kegitan lain yang bisa menghibur dirinya sendiri selain menciptakan hiburan sendiri di ranjang. dan yang pasti ditengah kegelapan. 
(hayo.. nggak boleh mikir yang aneh-aneh ya..!)
………………………………………………………………
berdasarkan pernyataan Kemal palevi itu,  aku mengamini opininya tentang bahayanya fenomena galau jika udah terjadi di masa lampau.
aku meyakini, negara Indonesia nggak bakalan merdeka seperti sekarang kalo fenomena galau udah melanda sejak jaman penjajahan. sekarang coba bayangin kalo misalnya pada saat bung Karno tiba-tiba galau pas lagi ngerancang teks proklamasi bareng sama bung Hatta dan Ahmad subardjo terus nggak ketinggalan juga sayuti melik yang ikut-ikutan galau gara-gara mesin ketiknya kena virus trojan. padahal di tahun 1945 belum ada usaha jasa pengetikan, apalagi belum ada lulu temenku yang sekarang kerjanya jadi pengetik profesional itu belum lahir dan masih dalam tahap perencanaan. terus gimana dong nasib teks proklamasi tersebut???
nggak sampe situ juga. kalo misalnya kegalauan para bapak-bapak sang proklamator itu berimbas pada ibu fatimah yang akhirnya jadi sensi pas njahit bendera merah putih gimana?  mungkin bendera kita nggak jadi bendera merah putih kali ya.. tapi malah putih-putih.
putih-putih? kaya bajunya tilana dong, anyway… ada yang kangen ga ama tilana? hehehehehe





 

Ngomong-ngomong soal galau. menurut kajian ilmiah yang abis dilakuin oleh badan meteorologi dan geofisika, galau adalah suatu reaksi biologis yang terjadi di tubuh manusia khusunya remaja.  reaksi tersebut memicu adanya tekanan darah rendah karena otot-otot merenggang. apalagi di area sekitar wajah. kontraksi otot-otot di wajah cenderung melemah sehingga menyebabkan wajah terlihat manyun dan cemberut kaya’ badut mirip curut susah kentut.
dan reaksi tersebut disebabkan adanya interevensi dari luar maupun dalam yang menyangkut tentang:
1. cinta
2. harta
3. keluarga atau teman.
4. faktor x(faktor x ini adalah faktor tambahan yang digunakan apabila 3 faktor diatas bukan faktor utama. dan faktor x ini adalah : TAKDIR  )
…………………………………………
aku pikir, aku adalah salah satu orang yang jarang galau. wajar bila aku menyombongkan diri sebagai manusia sehat tanpa galau. jadi ketika orang-orang disekitarku pada jadi galauers, aku tetep ceria se-cerianya  anak gajah yang abis disuntik vitamin di posyandu khusus gajah biar nggak kena epilepsi.
somehow,kadang aku curiga dengan diriku sendiri. apa aku jarang galau, karena emang aku punya pikiran yang positiv atau aku jarang galau karena emang  pikiranku yang kelewat positiv jadi agak gak waras gitu kali ya?  kan jarang ada tuh  orang gila galau. 
tapi ternyata kenyataan berbicara lain. sepandai-pandainya tapir meloncat pasti jatuh juga. begitu pula aku. sekeras apapun usahaku buat berfikir positiv dan berjiwa besar, akhirnya toh aku kena galau juga. dan baru-baru ini aku masang tampang melas mirip TKW yang abis disiksa majikannya  sebagai visualisasi kegalauanku. mata menatap sayu, bibir manyun 5 km, hidung berair, gigi meringis, tubuh lemah lesu dan disertai kentut yang bau.
hmm.. itu galau apa gejala penyakit sarap? kadang ambigu emang mendeskripsikan perubahan sikapku yang  jadi galau ama perubahan sikapku yang jadi agak sinting.
…………………………………………….
galau ternyata adalah fenomena yang universal. yaitu fenomena yang bisa aja terjadi disemua kalangan masyarakat. tapi kali ini aku bakalan sharing gimana jadinya kalau mahasiswa lagi galau.
kemarin, tepatnya hari senin ampe kamis aku mengidap kegalauan tingkat stadium 17.  banyak yang harus aku kerjain diantaranya tugas kuliah yang semakin nggak manusiawi, kuis dadakan yang bikin mahasiswa jadi rentan kena jantung lemah, krisis ekonomi pribadi, serta masalah fakir cinta yang bikin mahasiswa kaya’ aku jadi agak nggak daya dan upaya menjalani kerasnya kehidupan. *cieeee
hal-hal kaya’ gitu, emang udah biasa aku alamin. tapi entah kenapa yang terjadi saat ini kaya’nya level masalahnya semakin tinggi dan sulit yang pada akhirnya bikin aku jadi galau. dan semuanya aku atasin sendiri tanpa minta bantuan siapa-siapa. salahku emang karena selama ini aku mengisolasi diriku sendiri dalam sikap introvertku yang bikin orag lain nggak ngerti apa yang aku rasain.T_T
yah.. suasanya kok jadi sendu gini ya.. ganti setting suasana deh. wkwkwkw
hal-hal yang jadi masalahku diatas itu udah aku organisir untuk diselsaikan satu persatu menurut skala prioritasnya. sekedar saran, kalo misalnya kita punya masalah banyak. salah satu cara penyelsaiannya ialah memprioritaskan masalah mana dulu yang musti kita selsein. emang nggak 100% berhasil. tapi seenggaknya kita punya step by step yang jelas untuk nyelsein masalah tersebut. jadi kita nggak sampe bingung langkah mana dulu yang musti kita ambil. nah selain itu, kita juga musti yakin kalo kita bisa mengatasi kegalauan kita dengan mengatakan ALL IS WELLL… 33 kali biar afdol, sesuatu kaya gini terinspirasi dari  film 3 idiot.  Kata-kata tersebut ditujukan buat kita biar yakin bahwa semuanya bakalan baik-baik saja sehingga kita bisa berfikir dengan tenang dalam setiap penyelsaian masalah tersebut. emang tidak akan merubah keadaan, tapi hal kaya’ gitu membantu kita untuk bertahan.  dan sesuai yang aku ekspektasikan, masalahku selesai satu persatu. dan kegalauanku mulai ilang sedikit demi sedikit.  Alhamudillah ya.. sol sepatu. 
oiya, pernah ada kejadian lucu yang dapet aku ambil dari tema galau kali ini. ada seorang temen, gede, tinggi, keriting dan punya tampang serem. namannya tyas.  (halo.. bro!!) beliau adalah temen satu kosku. aku kira dia adalah orang yang kuat. menyelsaiakan masalah dengan begitu mudah kaya’ mottonya lembaga pegadaian, Menyelsaikan masalah tanapa masalah. tapi ternyata, dibalik sifatnya yang easy going dan fleksibel dia pernah mengalami kegalauan yang begitu lama. kalo akumulasikan mungkin ampe berminggu-minggu. dia punya masalah ama temennya yang lain. ingat.. temennya yang lain. bukan aku!  karena emang aku nggak pernah punya masalah kecuali wajahku yang kadang menyalahi aturan. 
ya.. sosoknya yang begitu peduli ama temennya bikin dia galau karena temennya itu menyakiti hati seorang Tyas yang gede dan keriting itu. berminggu-minggu dia yang biasanya rame menjadi sosok yang diem dan melankolis abis. playlist lagunya yang dipenuhin lagu-lagu semangat berubah jadi lagu-lagu melllow. tapi aku nggak nemuin lagunya waljinah yang lingsir wengi. padahal itu kan lagunya mellow juga . 
  tapi untungnya sekarang udah nggak lagi. aku seneng banget karena sebagai temen aku bahagia akhirnya temennya kembali ke sifatnya yang dulu lagi.  dan bukannya, sebagai teman yang baik itu, akan selalu selamanya  menunggu walaupun temennya bakal pergi walaupun bilang cuma sebentar? 
dan satu lagi yang aku sadarin. ternyata walaupun tampang mirip security, gara-gara kena galau, hatinya jadi hellokitty.
wkwkwkwkw
~ kegalauan ataupun kesedihan adalah situasi dimana kita diingatkan bahwa hidup tak selamanya indah. maka, disaat kita menemukan keindahan akan hidup, manfaatkanlah sebaik mungkin sebelum keindahan itu bertemu waktunya untuk berganti menjadi kesedihan~
~meski cinta datang tuk menyakiti, aku tetap berada dalam jalanku untuk tidak takut sakit hati. karena cinta tak datang hanya untuk menyakiti, tapi cinta datang juga untuk mengobati.~



S
ebelumnya, ada yang tau ga sih Stand Up Comedy itu apa?
Stand-up comedy adalah seni melawak (komedi) yang disampaikan di depan penonton secara live. Sang komedian biasanya tampil beberapa menit. Di dunia, terutama di Amerika Serikat, stand-up comedy sudah berlangsung sejak lama. Ada yang menyebutkan sudah ada sejak abad ke-18. Dan orang-orang yang melakukannya disebut dengan comic.
Di Indonesia sendiri tokoh-tokoh stand up yang paling terkenal karena lawakan geniusnya adalah Raditya Dika. Gw sendiri juga fan paling ganas dari beliau lhoooo.. ^_^
Comic-comic yang lain juga ga kalah sob,, buat kalian yang pingin tau, pingin belajar, dan pingin jadi comic...kalian bisa belajar dari nonton video-video Stand Up Comedy Kompas TV.

Gw paling nge-fan sama Kemal Palevi nih...masternya Absurd. Dan si Ge Pamungkas yang Ganteng Kronis xD
Oiya, gw juga lagi dalam tahap belajar bikin naskah Stand Up Comedy ni sob..,buat acara peringatan hari pahlawan 10 November 2012. Yippiiiiiiii ^o^
Dalam tahap ini.., ya ga apalah yaa kalau gw masukin sedikit celoteh celotehannya si Ge ama si Kemal,
[Ge mana Ge.. ??!!!] -,-"

Awalnya gw sempet bingung sih.., sampe 2 minggu ane cari wangsit alias ide sob !
Gw takut kalo punchlinenya ga pas,, gw juga takut kalo kagak ada yang ketawa nantinya...  jadi pingin terjun dari lantai 77 trus jatuh kelubang buaya,, trus jasad tidak ditemukan T^T
yaudah deh,, langsung aja gw tulis.. =,="

HERO's DAY

 Selamat malam semuanya, nama gw Ayu Pratiwi. Gw biasa dipanggil Ayup. Facebook gw Ayup Seven dan kalian bisa, boleh, dan amat dianjurkan untuk follow twitter gw @ayupsugoi , karena followers gw cuma 82 sob ! T^T *muka ngenes*

Hari ini tema gw adalah Hari Pahlawan dan diperingati setiap tanggal 10 November, setuju ya semua..
Gw sebenernya gini deh.. gw suka Indonesia tapi gw ga suka sama Indonesia.
Ibaratnya tuh..kita cinta sam pacar tapi juga benci sama pacar. Nah..begitulah =,=" fufufu 

Gw suka sama Indonesia sob, karena gw anak Indonesia, negara kita tuh kaya akan budaya, negara kita merdeka dengan suci dan terhormat..! *gaya pidato* 
Keren ga..?

Tapi gw ga suka-nya sama lomba-lomba yang diadakan saat hari kemerdekaan sob. Contohnya lomba makan kerupuk. *muka sebel+kesel*
Bisa kebayang lho, kalo dialam sana para pahlawan kita tuh pada bingung..

Bung Hatta : "Hey bung Karno, apa yang sedang dilakukan rakyat-rakyat kita?"
*nonton lomba makan kerupuk*
Bung Karno : "Oh, rakyat kita sedang merayakan hari kemerdekaan RI bung.. tapi tunggu dulu.. Eh, mereka makan kerupuk bung?!"
Bung Hatta : "Itu yang membuat saya heran"
Bung Karno : "Jendral Sudirman ! Panggilkan JEndral Sudirman..!"
Terus Jendral Sudirman dateng *hormat dulu*
Sudirman : "Ada apa bung Karno dan bung Hatta?"
Bung Karno : "Lihat itu rakyat kita merayakan hari kemerdekaan dengan makan kerupuk..! Jangan-jangan anda saat melawan belanda sambil makan kerupuk ?!"
Sudirman : "um..aa..em, sudahlah bung, makan dulu sana.. saya ada kerupuk bung..! ada rasa udang, terasi, dan rasa mint (?) *nada mie sedap*

Ga banget gitu, belum lagi ada lomba balap karung, kelereng, bakiak, dan lomba-lomba yang lain.
Kebayang ga sih pahlawan kita dialam sana..galau sob! Tau tau gitu bapak W.R. Supratman nge-twitt liriknya Someone Like You. Parah banget tau..!
Kebayang waktu kapiten Patimura lagi perang, terus dijam istirahatnya dia dapet surat dari gebetannya.

"Kakanda, mungkin hubungan kita cukup sampai disini saja. Karena kakanda tidak punya waktu untuk berdua dengan adinda... Adinda sebel ! Kesel ! Pokoknya kita putus ! oh iya, jangan lupa kakanda harus bayar pulsa yang sudah adinda kirim!" *tepuk jidat*

Ini gimana ceritanya jadi suami-suami takut istri ?
Nah terus kapiten patimura buka laptop nge twitt... 
"Aku emang banyak salah ke kamu..maafin aku sayang..." hastag galauu... hadehh -__-"
 
Dan seperti yang kita tau, R.A Kartini adalah penulis buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang' setuju yaaa? Kebayang kalau waktu dia ke pusat percetakan Gramedia dan bukunya ditolak dan ga terbit karena tulisannya tidak memenuhi standart EYD. Kasian banget dia, trus R.A Kartini buka tabletnya.. dia nge-twitt.. 
"ga apa apa deh..emang belum rejeki gw"  hastag galauuuu..


Coba kita telaah kisah kisah tadi, kalau dulu itu 'galau' udah populer, pasti negara kita belum merdeka sob !
Pasti itu! karena kerjaan kita cuma galau-galauan lewat twitter.

Dan baru kemarin kita memperingati hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober, setuju ya semuaa?
Pemuda2 Indonesia itu sangat bersemangat sob! Jiwa kemerdekaannya itu berkobar! sampai para pemuda bersumpah untuk RI ! Keren gak?!
Pemuda jaman dulu sama sekarang tuh beda jauh sob. Kalau dulu ada sumpah pemuda, kalau sekarang bermunculan sumpah2 yang lain, seperti sumpah Pocong, sumpeh lo?, dan sumpah sumpah yang lain.
Tapi gw paling ga suka sama sumpah....Aku sayang banget sama kamu..
Eh sob,! gw kasih tau ya, pemuda2 sekarang itu cenderung pandai bermain lidah.
Dan mereka rentan terhadap galau dan lemah hatinya. Nah.. gw paling benci cowok yang begini nih..dalam gombalannya dia bilang :
'sayang, aku sayaaang banget sama kamu'
ce: Aku mau nanya boleh ya. apa sih yang kamu suka dari aku?

co: Em..aku suka kamu apa adanya..


Preeeeet..! basi tau ga! Sekarang tu semboyannya udah ganti. Sekarang berlakunya:
'Aku suka kamu tu karna ada apa-apanya..,'
'bokap kamu tu punya partai apa?'
'lo naiknya apa.an..?' *nunjuk penonton*

Halaaah basi..! kampret semuanya!
Cowok itu selalu memandang memandang kesempurnaan. Dulu waktu gw masih SMP kelas 2, gw pernah nembak cowok untuk pertama kalinya. Namanya Bambang..
Orangnya tinggi, putih, keren, dan populer di SMP gw.
Pas lagi jam istirahatnih, dia duduk di kantin sambil minum es teh dan makan roti, gw liat dari kejauhan *set* dia keliatan paling terang gitu, soalnya dia lagi buka HP jadi kena lampunya.
Sementara gw disudut kantin, gw lagi pegangan es teh sama tahu dengan ingus gw yang melambai-lambai. Gw deketin dia, dan gw panggil namanya..

gw : "Bambang," gw tepuk pundaknya dan bambang nengok ke arah gw.
Bambang : "Mba, tadi es teh satu, roti satu, oh iya tadi somaynya 2..jadi berapa mba?"
gw : "6000 mas" (absurd)
ulangi yaa.. gw : "Bambang aku suka sama kamu, kamu mau ga jadi pacar aku?"

Gw inget banget sama kata2 Bambang yang satu ini.
Bambang : "Ga ah..kamu kegedean.!
Gila sob! Pertama kali gw nembak cowok, gw dikatain kegedean!
Bambang : "ga ah..kamu kegedean! aku maunya yang pas ajah! -___-"
emang apa.an? Sekarang sudah tersedia Size S #gaya iklan pempers

Hadeh.. kacau.!
Pemuda2 Indonesia tu sombong2 sob, sok angkuh tau ga lo, sok keren! kayak gw juga sih... :D
Beda sama pahlawan kita yang dulu. Oh iya, pahlawan itu sebagai tanda jasanya..mereka diangkat menjadi petinggi petinggi negara sob!
Siapa mereka? ada Ir. Soekarno, Moh Hatta, Ahmad Yani, Ki Hajar Dewantara, dan kawan-kawan.
Dulu pejabat itu bersih2 sob..! tapi sekarang? behhh...hobinya korupsi.
Dan mereka mengabaikan tugas negara. Mereka baru tobat kalau dampaknya udah kena ke keluarganya.
Makannya gw ilfeel..! sistem pemilu di Indonesia juga salah sob..! Coba kalau pemilu itu sistemnya kayak Indonesian Idol.
Jadi buktiin dulu janji2nya...baru divoting atau dicoblos. Tapi kasian banget lho mereka.
Udah foto bagus2, eh..dicoblos aja, tapi ga apa2 toh kotak-kotak udah jadi trend sekarang :v

Tapi awas aja kalau mereka gagal dalam menjalankan tugas..! dan alasan anggarannya sedikitlah, banyak korupsilah, galaulah, apalah.. alaaaah! basi! ada gitu..
"Pak kok ga ngurusin negara sih? malah enak2an disini?!"
" Ga ah.., saya lagi galau."
Enak banget! gw jiuga bisa kalau lagi dipanggil Tuhan!
"Ayup kamu saya panggil sekarang!"
"Jangan ah Tuhan.., jangan yaa..saya lagi galau nih.., kapan2 aja ya Tuhan.." *kedapkedip
"Gak bisa! Sekarang juga kamu mati..!"
"Gak !! Gw mau bunuh diri ajah..!"


 
Gw kasih tau ya sob, orang galau itu ga bisa diajak ngomong apalagi dimintain bantuan.
Susah..! Beda ama orang yang lagi seneng,,, jatuh cinta gitu..,
"Yup, bantuin gw benerin komputer yukk!"
"Oke braaay,, emangnya komputer lo kenapa?"
gitu kan enak..,, kalau orang galau:
"Yup, bantuin gw benerin komputer yokk!"
"Ga !! Gw mau bunuh diri ajah!"
"Yup, pinjemin gw duit dong, limit nih.."
"Ga !! Gw mau bunuh diri ajah!"
"Yup..gw punya kenalan cowok kereeen banget..!"
"Kenalin ke gw ajah.!"




2 komentar:

  1. sama. pertama kali denger nama kemal, yang ada di bayangan gue orangnya genduuut gitu. kenapa ya? ^_^

    BalasHapus